Penyakit Kulit Pada Anak dan Cara Penanganannya

Sabtu, 26 Januari 2019 | Kesehatan
Penyakit Kulit Pada Anak dan Cara Penanganannya - Kesehatan kulit memang menjadi bagian kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada anak-anak sering terjadi karena selain masih rentan, anak-anak yang tidak diperhatikan kesehatannya juga aktivitas keseharian yang berkaitan dengan penularan penyakit. Terkadang penyakit-penyakit kulit tersebut mengganggu keseharian dari si anak, sehingga terkadang rewel dan sering menangis. Dapat pula penyakit tersebut menjadi bertambah parah, juga menjadikan kondisi kesehatan anak menurun sehingga memerlukan pengobatan anak atau bahkan rujukan ke dokter atau rumah sakit.

Kesehatan Kulit Anak

Apa saja yang menjadi penyakit kulit yang umumnya diderita oleh anak-anak??

Berikut pembahasan tentang penyakit kulit pada anak dan cara penanganannya, antara lain :

Kadas (ringworm)

Penyebab :

Meski namanya ringworm, namun kadas tidak disebabkan oleh cacing. Penyebabnya adalah jamur yang tumbuh pada kulit mati, rambut, serta jaringan tisu pada kuku.

Gejalan :

Berupa lingkaran berwarna merah, bersisik dan melepuh di awal. Akan dikeluhkan rasa perih pada bagian tersebut, yang lama kelamaan akan membentuk lingkarang seperti cincin yang akan membesar dimana bentuk tersebut menjadi sebab dinamakan ringworm.

Penularan :

Penyakit ini ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit atau dengan binatang yang terinfeksi. Dapat pula terinfeksi dari benda-benda yang digunakan secara bersama-sama sepeti handuk, mainan, atau perlatan lain.

Pengobatan :

Mengobatinya dengan menggunakan krim anti jamur.

 

Fifth Deases (Eritema Infektiosum)

Penyebab :

Disebabkan virus parvovirus B19 yang berbahaya jika menyerang ibu hamil. Sering disebut dengan slap cheek atau slap face karena sering terlihat seperti hasil ditampar.

Gejala :

Demam ringan disertai pilek (selesma) yang kemudian timbul ruam-ruam wajah yang melebar ke badan, lengan dan kaki. Saat muncul ruam demam dan pilek akan menghilang.

Penularan :

Biasanya terjadi saat pergantian musim, cara penularan melalui cairan hidung, mulut, dan tenggorokan pada waktu batuk atau bersin. Bila pernah tertular, biasanya anak akan memiliki imunitas seumur hidup.

 

Cacar Air (Chicken Pox)

Penyebab :

Disebabkan oleh virus herpes varicella zoster virus (VZV).

Gejala :

Demam tinggi dalam 1-2 hari, ada gelembung berisi air pada permukaan kulit dengan rasa gatal. Yang kemudian akan pecah dan meninggalkan bekas menjadi koreng.

Penularan :

Menular melalui kontak langsung dengan penderita, atau benda yang sudah tersentuh penderita.

 

Impetigo

 

Penyebab :

Peradangan kulit yang disebabkan oleh bakteri Strepcoccus pyogenes. Biasanya terjadi pada anak yang kurang menjaga kesehatan.

Gejala :

Bintik-bintik merah kecil dan kemudian melepuh, berisi nanah yang kemudian menjadi koreng. Biasanya muncul di wajah, lengan, tungkai.

Penularan :

Kontak kulit secara langsung atau melalui benda yang digunakan bersama. Luka yang digaruk dapat menyebar ke seluruh badan.

Pengobatan :

Antibiotik dalam bentuk salep atau pil, biasa digunakan dalam pengobatan.

Kutil

Penyebab :

Disebabkan oleh sejenis virus yang bernama Human pappilomavirus virus (HPV). Virus tersebut penyebab salah kanker serviks. Rasa sakit akan semakin hilang sejalan dengan pertumbuhan kulit.

Gejala :

Biasanya muncul di bagian jari atau tangan. Dan akibat dari kurangnya menjaga kebersihan.

Penularan :

Menular ketika menyentuh benda yang pernah disentuh atau dipegang penderita.

Pengobatan :

Bungkus bagian yang terinfeksi dengan kain atau perban untuk mencegah penularan. Dapat hilang dengan sendirinya.

Biang keringat

Penyebab :

Tersumbatnya salurang keringan oleh sel kulit mati. Biasa terjadi di daerah berhawa panas, upayakan agar si anak lebih adem dengan menggunakan baju tipis saat cuaca sedang panas-panasnya.

Gejala :

Bintik kecil yang memerah hingga bintik berisi air yang sangat gala. Biasanya akan menyembabkan anak menjadi rewel akibat rasa gatal tersebut. Ditemukan pada bagian leher, kepala, dan punggung anak.

Penularan :

Tidak menular

Pengobatan :

Tidak membutuhkan pengobatan khusus,dapat meringankan gejala dengan menggunakan lotion atau krim.

Eksim

Penyebab :

Kecenderungan memiliki asma, infeksi kulit, masalah pada mata, dermatitis iritan, dermatitis kontak alergi, sangat mudah terserang eksim. Diduga disebabkan oleh Stress, Kontak dengan zat iritan, Panas dan keringat, Iklim yang dingin dan kering, Kulit kering.

Gejala :

Ruam yang disertai bersisik, juga ada rasa gatal. Biasanya muncul di sekita kaki, lengan, dan wajah. Jika digaruk, kulit yang kering dan luka terbuka dengan kerak dapat muncul dan terinfeksi.

Pengobatan :

Penyakit ini akan menghilang sendirinya seiring pertumbuhan anak.

penyakit kulit anak, penyakit kulit anak bayi, penyakit kulit anak balita, penyakit kulit anak pesantren, penyakit kulit anak kucing, penyakit kulit anak anjing, penyakit kulit anak 3 tahun, penyakit kulit anak 2 tahun, penyakit kulit anak 1 tahun, penyakit kulit anak asrama, penyakit kulit anak santri, penyakit kulit anak dan obatnya, penyakit kulit anak moluskum, penyakit kulit anak kucing persia, penyakit kulit anak akibat virus, penyakit kulit anak umur 1 tahun, penyakit kulit anak pdf, penyakit kulit anak ayam, penyakit kulit anak milis sehat, penyakit kulit anak dermatitis, penyakit kulit anak usia 1 tahun, penyakit kulit anak anak, sakit kulit anak anjing, penyakit kulit pada anak ayam, penyakit kulit pada anak akibat virus, penyakit kulit pada anak karena alergi, jenis penyakit kulit pada anak anjing, mengobati penyakit kulit pada anak anjing, obat penyakit kulit pada anak ayam, penyakit kulit pada anak disebabkan apa, penyakit kulit pada anak anak, obat alami penyakit kulit anak, penyakit kulit pada anak anak karena peluh, cara mengobati penyakit kulit pada anak ayam, penyakit alergi kulit pada anak,

  • Cara Pengobatan Penyakit Roseola pada Bayi dan Anak

    Cara Pengobatan Penyakit Roseola pada Bayi dan Anak

    Sebenarnya tidak dibutuhkan metode pengobatan kusus untuk menangani roseola. Penderita dapat pulih bersama perawatan mandiri di rumah saat anak sejak mulai mengalami demam, biarkan dirinya beristirahat dengan nyaman. Pastikan suhu…

  • Mengetahui Roseola, Penyakit Kulit pada Anak

    Mengetahui Roseola, Penyakit Kulit pada Anak

    Roseola, atau yang pun disebut bersama eksantema subitum, yaitu infeksi virus yang menyerang bayi atau anak-anak, ditandai dengan gejala demam dan ruam merah bujang di kulit. umumnya penyakit ini dialami…

  • Dampak Negatif Bermain Game Smartphone Bagi Kesehatan

    Dampak Negatif Bermain Game Smartphone Bagi Kesehatan

    Nutrinext Lastabumin merupakan perpaduan bahan herbal pilihan yang terdiri dari Madu + Ekstrak Albumin Ikan Gabus + Temulawak dan Ekstrak Pegagan.

  • Beberapa Larangan Bagi Penderita Ambeien

    Beberapa Larangan Bagi Penderita Ambeien

    Jangan bermain dengan pembatasan pada penyakit wasir. Karena beberapa hal yang agak penting untuk diperhatikan oleh penderita ambeien. Sebelum wasir atau wasir yang Anda derita berbahaya dan semakin parah, Anda…

  • Mengatasi Ambeien dan Mengenal Tipe Penyakit Ambeien

    Mengatasi Ambeien dan Mengenal Tipe Penyakit Ambeien

    Hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah submukosa atau pembengkakan di rektum dan anus yang mengandung pleksus vena. Di dalam anus ada pembalut yang berfungsi sebagai katup yang membantu otot-otot di anus…